Perangkat Kamera CCTV

Perangkat Kamera CCTV



Dewasa ini penggunaan kamera CCTV bukan hanya sebagai kebutuhan untuk keamanan saja. Kamera CCTV juga telah menjadi gaya hidup para pemilik usaha, dimana fitur yang di tambahkan untuk memberikan kemudahan adalah anda dapat memantau segala aktifitas yang sedang berlangsung di tempat usaha atau tempat tinggal yang sudah dipasang kamera CCTV melalui gadget anda.

Selain jenis-jenis kamera CCTV yang telah di bahas dalam artikel sebelumnya, ada juga beberapa perangkat pendukung yang harus ada apabila anda ingin memasang kamera CCTV. Maka dalam artikel kali ini kami mencoba membahas mengenai perangkat-perangkat yang digunakan.

Beberapa perangkat tersebut adalah :

1.     DVR (Digital Video Recording)
DVR adalah alat utama dari perangkat CCTV, yang kegunaanya untuk mengatur kamera, mengatur system gambar, warna dari kamera dan yang terpenting untuk menyimpan data dari hasil rekaman kamera.
DVR dapat menampilkan dan merekam dari 4 – 16 kamera CCTV secara bersamaan ataupun bergantian. Alat ini dapat disambungkan langsung ke televisi untuk melihat tampilan gambarnya. Selain itu juga dapat disambungkan ke router, jadi bisa melihat melalui computer yang terhubung ke jaringan internet dan untuk Local Area Network (LAN) kebeberapa komputer di dalam area.

2.     NVR (Network Video Recording)
NVR adalah alat perekam berbasis Network atau jaringan yang digunakan untuk merekam hasil gambar yang dikirim dari IP Camera. NVR sering salah di artikan sebagai DVR, karena fungsi kedua alat ini hampir sama, yaitu sebagai media penyimpanan rekaman video dalam format digital. Dan seperti halnya juga DVR, hasil rekaman dapat diakses via jaringan sehingga memungkinkan terjadinyan proses monitoring dari komputer, dan gadget lainnya.

3.     Adaptor
Adaptor adalah perangkat yang digunakan untuk menyuplai tegangan listrik ke kamera CCTV. Adaptor yang digunakan untuk kamera CCTV umumnya bertegangan 12 Volt DC. Namun ada juga yang menggunakan tegangan 24 Volt (AC) dan 24 Volt (DC). Hal ini tergantung pada jenis kamera yang digunakan.

4.     Hard Disk
Merupakan media penyimpanan hasil rekaman dari kamera CCTV. Posisi pasang di dalam DVR, semakin besar kapasitas Hard Disk, maka akan semakin lama anda dapat merekam hasil video kamera CCTV. Besarnya kapasitas Hard Disk yang bisa digunakan untuk menyimpan data dari 500 GB – 2 TB.

5.     Coaxial Cable
Fungsi kabel coaxial adalah untuk menghantarkan signal video dari kamera CCTV ke DVR, dan dari DVR ke monitor. Ada beberapa type kabel coaxial, yaitu RG-59, RG-6, dan RG-11.

6.     Power Cable
Kabel power ini digunakan untuk memasok tegangan listrik ke adaptor kamera CCTV. selain itu juga diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang ada tidak cukup panjang untuk mencapai sumber listrik terdekat. Biasanya tipe kabel power yang digunakan adalah NYA ataupun NYM. Untuk instalasi kabel power ini sebaiknya juga menggunakan pipa high impact conduit.

7.     BNC Connector
BNC atau Bayonet Neill Concelman adalah tipe konektor RF yang umumnya dipasang pada ujung kabel coaxial, sebagai penghubung antara kamera CCTV dengan alat perekam (DVR) dan juga untuk menyambungkan langsung ke monitor. Bisa juga digunakan untuk perangkat eletronik lainnya.

8.     Monitor
Untuk dapat melihat hasil rekaman video dari kamera CCTV kita memerlukan monitor. Monitor tersebut dapat menampilkan keseluruhan gambar dan tampilan tiap-tiap kamera dengan pembagian yang berbeda sesuai dengan inputan dari DVR ataupun NVR. Kebanyakan monitor yang dipakai saat ini berupa tabung CRT tapi banyak pula yang menggunakan LCD.

9.     Pan Tilt
Sebuah perangkat yang dapat dikendalikan dari jauh untuk membuat gerakan vertikal dan horisontal pada kamera. Biasanya dipasang di IP kamera.

10.  VGA Converter
Video Graphics Array (VGA) Converter terdiri dari tiga deretan pin, dengan total 15 pin konektor. Banyak ditemukan pada card VGA di monitor PC, laptop atau perangkat lainnya. Sebuah mini VGA port terkadang digunakan sebagai pengganti konektor VGA berukuran biasa. Fungsi perangkat ini untuk menyambungkan DVR ke monitor, agar hasil rekaman dari kamera CCTV bisa terlihat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar